
Microsoft word merupakan software
pengolah kata yang diproduksi oleh Microsoft Corporation yang sangat bermanfaat
dalam aplikasi perkantoran mencakup: membuat surat, laporan, brosur, skripsi,
dan majalah dengan aneka font dan layout yang ada.
Pengertian
Word Processor adalah program bantu yang mampu mengolah kata dan kalimat untuk suatu
tujuan tertentu. Word Processor membantu dalam hal pengetikan, pemformatan, pencetakan, dan
presentasi tampilan.
MS Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat terkenal dan dipakai
oleh banyak orang maupun perusahaan di seluruh dunia. Word merupakan salah satu anggota dari
keluarga besar Microsoft Office dari Microsoft.
Word tidak dijual secara terpisah namun harus menjadi satu kesatuan dengan MS Office
lainnya seperti Excel, Power Point, Binder, Access, Publisher dan lain-lain. MS Office berkembang dari
versi 97, 2000, XP, dan 2003.
Kenapa Belajar Word? Karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan Word
untuk aplikasi perkantorannya. Dan Word merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki oleh
pengguna komputer, apalagi programmer komputer.
Fitur-Fitur Ms Word
- Terintegrasi dengan Windows dan MS Office lainnya.
- Mampu melakukan pengolahan kata dasar seperti: mengetik, memformat tampilan, dan mencetak.
- Terintegrasi dengan Internet dan browser IE.
- Mampu mengolah tabel, gambar dan suara.
- Memiliki Help yang bagus dan interaktif.
- Mempunyai fasilitas auto-correct, spelling checkers, grammars, mail merge
- Memiliki kemampuan terintegrasi dengan Visio dan
- Equation Editor.
Memulai MS WORD
Microsoft Word bisa dibuka lewat Start
Menu. Jika program tersebut sudah diinstal, program ini bisa dijalankan dengan
cara sebagai berikut:
1. Klik Start (Microsoft office
button)
2. Pilih All Programs
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih Microsoft Office W0rd
Setelah program Microsoft word 2007
berhasil di jalankan, maka akan terlihat lembar kerja halaman utama Microsoft
word 2007 . Lembar kerja atau halaman utama tersebut langsung bisa digunakan
untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan aplikasi software
Microsoft word 2007 seperti mengetik surat, membuat modul, membuat penulisan
dan lain-lain. Dibawah ini adalah tampilan lembar kerja MS Word 2007.
Membuat Dokumen Baru
1. Pada jendela Microsoft Word, Pilih Office Button
2. kemudian klik New.
3. Kemudian Pilih Create
4. Atau anda bisa menekan tombol CTRL+N
Sedangkan
untuk memanggil file yang sudah ada yaitu bisa dengan cara sbagai berikut untuk
memanggil file yang ingin kita edit.
- Klik menu Office Button Kemudian pilih Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
- Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Klik pada nama file yang akan dibuka. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
2
|
Menyimpan dan menutup lembar kerja
Setelah selesai bekeja, dokumen/lembar
kerja yang telah dibuat dapat
disimpan serta selanjutnya ditutup.
Cara untuk menyimpan serta menutup dokumen
yang telah dibuat dilakukan dengan
cara sebagai berikut:
1) Klik tombol office (office button),
2) Pilih save as,
3) Kemudian klik word document
4) Ketik nama file
5) klik save
6) Untuk menutup lembar kerja atau
halaman pekerjaan, klik tombol X pada sudut kanan atas halaman atau lembar
kerja.
Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih
bekerja, untuk menyimpan kembali cukup ditekan tombol Ctrl+S. Cara ini
dilakukan bilamana nama filenya sama, namun bila nama filenya berbeda, cara
penyimpanan dilakukan dengan mengikuti langkah pertama sampai ke lima. Jika
pekerjaan terakhir belum disimpan, kemudian halaman atau lembar kerja akan
ditutup, maka akan muncul konfirmasi untuk menyimpan file. Klik Yes bila
ingin menyimpan, serta klik No bila tidak ingin menyimpan.
Menggeser Kursor
Edit Teks dan Pengaturan huruf
Jika
membuat kesalahan selama proses pengetikan, dapat diperbaiki dengan cara
berikut :
n
Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter
di kiri titik sisip.
n
Tekan
tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan
titik sisip.
n
Untuk
melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, tekan Ctrl+Y.
n
Untuk
menghapus teks yang baru saja Anda ketik, tekan Ctrl+Z atau
klik tombol Undo
pada Quick Access Toolbar.
n
Untuk mem- batalkan perintah Undo, klik tombol Redo
pada Quick Access Toolbar.
n
Untuk
pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol
Shift + Enter.
Sedangkan untuk pengaturan huruf kita dapat
melakukan Caranya :
n
Tandai
atau blok terlebih dahulu teks yang ingin kita ganti.
n
Pada
menu home klik item
Font sehingga muncul daftar huruf yang disediakan oleh
Word. Pilihlah huruf yang Anda inginkan.
n
Atau untuk menu lengkapnya untuk merubah ukuran huruf,
kliklah item Font yang disebelah item font lalu kliklah ukuran huruf yang diinginkan.
Perataan
teks pada Microsoft word
Pengaturan-pengaturan halaman
Untuk
pengaturan halaman pilih menu Page layout seperti gambar dibawah ini :
Gambar
10. Pemilihan page
layout, pada menu di Word
Frame Orientation
Digunakan untuk menetukan arah
percetakan halaman. Arah pengaturan halaman dokumen ini terbagi dua, yaitu :
•
Portrait, adalah metode pengaturan halaman
dokumen dengan arah tegak (vertikal).
•
Landscape, adalah metode pengaturan halaman
dokumen dengan arah melebar (horizontal).
Gambar
11. Frame Orientation
Frame
Margin
- Top, mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas.
- Bottom, mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
- Left, pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas.
- Right, pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas.
- Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untukmemberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan Gutter position yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top).
Gambar 12. Frame Margin
Tab Paper
n
Paper
size, digunakan untuk
mengatur ukuran kertas yang digunakan. Jika kita klik simbol ini, maka akan
muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh MSWord. Biasanya ukuran
kertas akan tampil jika Printer driver sudah terinstal dalam Windows. Kita
tinggal pilih jenisnya. Jika ukuran kertas yang kita gunakan tidak ada yang
cocok dengan yang disediakan maka pilihlah option Custom Size untuk menentukan
ukuran kertas yang Anda inginkan.
n
Width, digunakan untuk pengaturan ukuran
lebar kertas jika kita memilih option custom size.
n
Height, sama halnya dengan width, tapi
option ini digunakan untuk pengaturan tinggi kertas yang kita miliki.
n
Apply
to, digunakan untuk
menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat beberapa option lagi
sebagai berikut:
n
Whole document, artinya
pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen.
n
This
point forward,
artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu
pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir.
Gambar 13. Tab Paper
Tab
Layout
n
Section Start,
digunakan untuk menentukan di halaman mana layout yang di set dimulai.
n
Header,
digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi
atas kertas.
n
Footer,
digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi
bawah kertas.
n
Note:
Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap halaman dokumen
Gambar
14. Tab layout
Menyisipkan Gambar pada MS WORD
Gambar seringkali di sisipkan dalam
penulisan sebagai alat bantu dalam menambahkan informasi dalam penulisan. Cara
menyisipkan gambar adalah sebagai berikut:
1) cari tempat dimana gambar mau
disisipkan Klik insert pada ribbon home.
2) Klik picture
3) kemudian cari gambar yang
diinginkan, lalu klik insert
Bila mau merubah tampilan gambar agar
lebih sesuai dengan yang diinginkan kita dapat memformat picture, dengan cara :
- Klik kanan dari gambar yang diinginkan,
- kemudian pilih format picture
Dari window format picture, ada beberapa tab menu,
diantaranya :
-
Colors
and lines
-
Size
-
Layout
-
Picture
-
Tex
box
-
Alt
text
Pengaturan Nomor Halaman
Untuk menyisipkan halaman pada penulisan
maka dapat dilakukan sebagai berikut :
1) Klik insert pada ribbon home.
2) Klik page number
Mencetak Dokumen
Mencetak dokumen merupakan pekerjaan akhir dalam
pembuatan dokumen, baik berupa teks, gambar ataupun tampilan data. Sebaiknya
sebelum dokumen dicetak, terlebih dahulu dilihat tampilannya untuk memastikan
agar tidak terdapat kesalahan pada dokumen yang akan dicetak. Cara menampilkan
dokumen yang akan dicetak adalah sebagai berikut:
1) Buka dokumen yang akan di cetak
2) Klik Office Button
3) Pilih Print
4)
klik Print Preview
Setelah dipastikan tidak terdapat
kesalahan pada dokumen yang akan dicetak, maka selanjutnya bisa dilakukan
pencetakan dokumen. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1) Klik Office Button
2) Pilih print
3) Lakukan pengaturan sesuai yang
diinginkan, misalnya jumlah yang dicetak.
4)
Klik Ok