Ms. Word


Microsoft word merupakan software pengolah kata yang diproduksi oleh Microsoft Corporation yang sangat bermanfaat dalam aplikasi perkantoran mencakup: membuat surat, laporan, brosur, skripsi, dan majalah dengan aneka font dan layout yang ada.

Pengertian


Word Processor adalah program bantu yang mampu mengolah kata dan kalimat untuk suatu tujuan tertentu. Word Processor membantu dalam hal pengetikan, pemformatan, pencetakan, dan presentasi tampilan.
MS Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat terkenal dan dipakai oleh banyak orang maupun perusahaan di seluruh dunia. Word merupakan salah satu anggota dari keluarga besar Microsoft Office dari Microsoft.
Word tidak dijual secara terpisah namun harus menjadi satu kesatuan dengan MS Office lainnya seperti Excel, Power Point, Binder, Access, Publisher dan lain-lain. MS Office berkembang dari versi 97, 2000, XP, dan 2003.
Kenapa Belajar Word? Karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan Word untuk aplikasi perkantorannya. Dan Word merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki oleh pengguna komputer, apalagi programmer komputer.

Fitur-Fitur Ms Word


  • Terintegrasi dengan Windows dan MS Office lainnya.
  • Mampu melakukan pengolahan kata dasar seperti: mengetik, memformat tampilan, dan mencetak.
  • Terintegrasi dengan Internet dan browser IE.
  • Mampu mengolah tabel, gambar dan suara.
  • Memiliki Help yang bagus dan interaktif.
  • Mempunyai fasilitas auto-correct, spelling checkers, grammars, mail merge
  • Memiliki kemampuan terintegrasi dengan Visio dan
  • Equation Editor.

Memulai MS WORD


Microsoft Word bisa dibuka lewat Start Menu. Jika program tersebut sudah diinstal, program ini bisa dijalankan dengan cara sebagai berikut:
1. Klik Start (Microsoft office button)
2. Pilih All Programs
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih Microsoft Office W0rd


Setelah program Microsoft word 2007 berhasil di jalankan, maka akan terlihat lembar kerja halaman utama Microsoft word 2007 . Lembar kerja atau halaman utama tersebut langsung bisa digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan aplikasi software Microsoft word 2007 seperti mengetik surat, membuat modul, membuat penulisan dan lain-lain. Dibawah ini adalah tampilan lembar kerja MS Word 2007.

 

Membuat Dokumen Baru


1.  Pada jendela Microsoft Word,  Pilih Office Button
2.  kemudian klik New.
3.  Kemudian   Pilih Create
4.  Atau anda bisa menekan tombol CTRL+N

Sedangkan untuk memanggil file yang sudah ada yaitu bisa dengan cara sbagai berikut untuk memanggil file yang ingin kita edit.
  1. Klik menu Office Button   Kemudian pilih Open, maka akan tampil kotak dialog Open.

  1. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Klik pada nama file yang akan dibuka. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

2

Menyimpan dan menutup lembar kerja


Setelah selesai bekeja, dokumen/lembar kerja yang telah dibuat dapat
disimpan serta selanjutnya ditutup. Cara untuk menyimpan serta menutup dokumen
yang telah dibuat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1) Klik tombol office (office button),
2) Pilih save as,
3) Kemudian klik word document

4) Ketik nama file
5) klik save
6) Untuk menutup lembar kerja atau halaman pekerjaan, klik tombol X pada sudut kanan atas halaman atau lembar kerja.

 Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih bekerja, untuk menyimpan kembali cukup ditekan tombol Ctrl+S. Cara ini dilakukan bilamana nama filenya sama, namun bila nama filenya berbeda, cara penyimpanan dilakukan dengan mengikuti langkah pertama sampai ke lima. Jika pekerjaan terakhir belum disimpan, kemudian halaman atau lembar kerja akan ditutup, maka akan muncul konfirmasi untuk menyimpan file. Klik Yes bila ingin menyimpan, serta klik No bila tidak ingin menyimpan.

Menggeser Kursor


Edit Teks dan Pengaturan huruf


Jika membuat kesalahan selama proses pengetikan, dapat diperbaiki dengan cara berikut : 
n  Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip. 
n  Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan  titik sisip. 
n  Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, tekan Ctrl+Y. 
n  Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, tekan Ctrl+Z    atau  klik tombol Undo  pada Quick Access Toolbar.
n  Untuk mem- batalkan perintah Undo, klik  tombol Redo  pada Quick Access Toolbar.
n  Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift + Enter.

Sedangkan untuk pengaturan huruf kita dapat melakukan Caranya :
n   Tandai atau blok terlebih dahulu teks yang ingin kita ganti. 
n   Pada menu home klik item  Font sehingga muncul daftar huruf yang disediakan oleh Word. Pilihlah huruf  yang Anda inginkan.



n   Atau untuk menu lengkapnya untuk merubah ukuran huruf, kliklah item Font yang disebelah item font lalu kliklah ukuran  huruf yang diinginkan. 


Perataan teks pada Microsoft word

Pengaturan-pengaturan halaman


Untuk pengaturan halaman pilih menu Page layout seperti gambar dibawah ini :
Gambar 10. Pemilihan page layout, pada menu di Word

Frame Orientation
Digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman. Arah pengaturan halaman dokumen ini terbagi dua, yaitu : 
       Portrait, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah tegak (vertikal).
       Landscape, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal).

Gambar 11. Frame Orientation

Frame Margin
  1. Top, mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas. 
  2. Bottom, mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
  3. Left, pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas. 
  4. Right, pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas. 
  5. Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untukmemberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan  Gutter position yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top).
             
Gambar 12. Frame Margin

Tab Paper
n  Paper size, digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan. Jika kita klik simbol ini, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh MSWord. Biasanya ukuran kertas akan tampil jika Printer driver sudah terinstal dalam Windows. Kita tinggal pilih jenisnya. Jika ukuran kertas yang kita gunakan tidak ada yang cocok dengan yang disediakan maka pilihlah option Custom Size untuk menentukan ukuran kertas yang Anda inginkan.
n  Width, digunakan untuk pengaturan ukuran lebar kertas jika kita memilih option custom size. 
n  Height, sama halnya dengan width, tapi option ini digunakan untuk pengaturan tinggi kertas yang kita miliki. 
n  Apply to, digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat beberapa option lagi sebagai berikut: 
n   Whole document, artinya pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen. 
n   This point forward, artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir. 
Gambar 13. Tab Paper

Tab Layout
n  Section Start, digunakan untuk menentukan di halaman mana layout yang di set dimulai.
n  Header, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi atas kertas. 
n  Footer, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi bawah kertas. 
n  Note: Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap  halaman dokumen
Gambar 14. Tab layout

Menyisipkan Gambar pada MS WORD


Gambar seringkali di sisipkan dalam penulisan sebagai alat bantu dalam menambahkan informasi dalam penulisan. Cara menyisipkan gambar adalah sebagai berikut:
1) cari tempat dimana gambar mau disisipkan Klik insert pada ribbon home.
2) Klik picture
3) kemudian cari gambar yang diinginkan, lalu klik insert


Bila mau merubah tampilan gambar agar lebih sesuai dengan yang diinginkan kita dapat memformat picture, dengan cara :
  1. Klik kanan dari gambar yang diinginkan,
  2. kemudian pilih format picture
                         

Dari window format picture, ada beberapa tab menu, diantaranya :
-       Colors and lines
-       Size
-       Layout
-       Picture
-       Tex box
-       Alt text

Pengaturan Nomor Halaman


Untuk menyisipkan halaman pada penulisan maka dapat dilakukan sebagai berikut :
1) Klik insert pada ribbon home.
2) Klik page number

Mencetak Dokumen


Mencetak dokumen merupakan pekerjaan akhir dalam pembuatan dokumen, baik berupa teks, gambar ataupun tampilan data. Sebaiknya sebelum dokumen dicetak, terlebih dahulu dilihat tampilannya untuk memastikan agar tidak terdapat kesalahan pada dokumen yang akan dicetak. Cara menampilkan dokumen yang akan dicetak adalah sebagai berikut:
1) Buka dokumen yang akan di cetak
2) Klik Office Button
3) Pilih Print
4) klik Print Preview


Setelah dipastikan tidak terdapat kesalahan pada dokumen yang akan dicetak, maka selanjutnya bisa dilakukan pencetakan dokumen. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1) Klik Office Button
2) Pilih print
3) Lakukan pengaturan sesuai yang diinginkan, misalnya jumlah yang dicetak.
4) Klik Ok




Previous
Next Post »